Delegasi Aspertina Menghadiri Hari Jadi Peranakan Association of Australia New South Wales yang ke-5 di Sydney

Delegasi Aspertina Menghadiri Hari Jadi Peranakan Association of Australia New South Wales yang ke-5 di Sydney


Foto dari kiri ke kanan: Andrew Susanto (President Aspertina, Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia, Jakarta), Nyonya Evelyn Tan ( President PAA New South Wales, Sydney) dan Baba Alfred Chi (President PAA Quensland, Melbourne)

Pada tanggal 1 Oktober 2016, delegasi Aspertina yang dipimpin oleh Ketua Aspertina, Andrew Susanto, menghadiri acara peringatan Hari Jadi ke-5 Peranakan Association of Australia (PAA) untuk negara bagian New South Wales. Rombongan diterima tuan rumah dengan sambutan yang hangat. Delegasi Aspertina ditempatkan satu meja dengan President atau Ketua PAA New South Wales yaitu Nyonya Evelyn Tan.

Acara yang diselenggarakan di Blue Elephant Restaurant, Waldorf Pennant Hills, berlangsung meriah dan dihadiri oleh masyarakat Peranakan di Sydney. Sekitar 50% lagu yang ditampilkan adalah lagu-lagu Indonesia. Mulai dari lagu-lagu melayu lama seperti lagu "Oleh-oleh Bandung", " Lenggang Kangkung ", sampai lagu-lagu pop penyanyi lama Tetty Kadi, seperti lagu "Mimpi Sedih", "Layu Sebelum Berkembang", dan lain-lain. Penampilan group band "Suara Merdu" yang dipimpin oleh Baba Jerry Tan dengan membawakan lagu-lagu Indonesia ini adalah sebagai bentuk apresiasi tuan rumah atas kehadiran para tamu dari Indonesia.


Dalam kesempatan itu, Andrew Susanto juga berkesempatan untuk memberikan cinderamata berupa kain batik Lasem kepada Nyonya Evelyn Tan sebagai Ketua PAA New South Wales dan kepada Baba Alfred Chi sebagai Ketua PAA Quensland, Melbourne. Cinderamata batik Lasem juga diberikan kepada Baba Jerry Tan, yang akan menggantikan Nyonya Evelyn Tan sebagai President PAA New South Wales berikutnya.

Keesokan harinya, delegasi Aspertina kembali dijamu makan malam di daerah Chinatown Sydney oleh Ketua PAA New South Wales. Hadir pula delegasi Peranakan Australia lainnya dengan pasangannya masing-masing. Jamuan makan malam kali ini dilakukan dalam suasana yang lebih akrab sambil membahas berbagai hal terkait perkembangan budaya Peranakan serta sejarahnya. Pada kesempatan itu pula, Andrew Susanto mengundang PAA New South Wales dan PAA Quensland untuk menghadiri acara Kondangan Peranakan Tionghoa 2016 yang merupakan kegiatan dwi tahunan Aspertina sebagai acara puncak peringatan hari jadi Aspertina ke-5.


Keesokan harinya, Nyonya Evelyn Tan mengonfirmasikan bahwa beberapa orang dari  PAA NSW Sydney akan hadir pada Kondangan Peranakan Tionghoa, 11 November 2016 di Jakarta. Terima kasih kepada Nyonya Evelyn Tan dan teman-teman Peranakan di Australia atas sambutan yang hangat kepada delegasi Aspertina.