VIHARA BUDDHAGAYA WATUGONG

VIHARA BUDDHAGAYA WATUGONG


Sumber Gambar: tourismcentraljava.blogspot.com

Tak banyak orang tahu bahwa kota Semarang memiliki banyak ikon lain selain Sam Poo Kong dan Lawang Sewu yang telah lebih dahulu dikenal orang. Salah satunya adalah Vihara Buddhagaya Watugong.

Vihara Buddhagaya Watugong adalah vihara yang diresmikan pada 2006 lalu dan terletak 45 menit perjalanan dari pusat kota Semarang. Vihara ini memiliki banyak bangunan dan berada di area yang sangat luas.

Pagoda Avalokitesvara (Metta Karuna) adalah salah satu bagian dari Vihara Buddhagaya Watugong, dimana di dalamnya terdapat Buddha Rupang yang besar. Dengan ketinggian bangunan 45 meter,Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya ini ditetapkan oleh Museum Rekor Indonesia MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia dengan 7 tingkat, yang bermakna bahwa seorang pertapa akan mencapai kesucian dalam tingkat ke-tujuh.

Bagian dalam pagoda berbentuk segi delapan dengan ukuran 15 x 15 meter. Mulai tingkat ke-dua hingga ke-enam dipasang patung Dewi Kwan Im (Dewi Welas Asih) yang menghadap empat penjuru angin. Hal ini bertujuan agar sang Dewi memancarkan kasih sayangnya ke segala arah mata angin.

Pada tingkat ke-tujuh terdapat patung Amitaba, yakni guru besar para dewa dan manusia. Di bagian puncak pagoda terdapat Stupa untuk menyimpan relik (butir-butir mutiara) yang keluar dari Sang Buddha. Bagian depan pagoda juga terdapat patung Dewi Welas Asih serta Sang Buddha yang duduk di bawah pohon Bodi.

Keseluruhan bagian dalam komplek Vihara ditata dengan rapi dipadukan dengan keasrian lingkungan serta ditambah dengan keindahan arsitektur Tiongkok menjadikan tempat ini relatif menyenangkan untuk berziarah serta beribadah maupun sekedar mampir untuk istirahat melepas lelah karena dalam perjalanan.

Pengunjung yang datang berdoa umumnya memohon untuk dimudahkan mendapatkan jodoh, memohon panjang umur ataupun memohon diberikan anak laki-laki ataupun perempuan. Jumlah total patung yang ada di pagoda itu 30 buah.

Keistimewaan Vihara Buddhagaya Watugong sebagai salah satu destinasi di kota Semarang, akan bersama-sama kita nikmati  dalam Semarang Lasem Tour 2016. Selamat menikmati keindahan budaya.

Sumber: visitsemarang.com dan seputarsemarang.com