Artikel Lainnya

Serba Serbi Makan Dengan Sumpit

May 25, 2018

Penggunaan sumpit sangatlah lumrah untuk masyarakat Tionghoa. Bagi masayarakat Tionghoa menggunakan sumpit untuk makan, sama seperti halnya makan dengan sendok dan garpu. Tradisi makan dengan sumpit sudah ada sejak jaman nenek moyang dulu dan masih digunakan sampai saat ini.

Sepasang alat makan ini mayoritas terbuat dari bahan kayu atau bambu, namun beberapa sumpit terbuat dari bahan plastik, logam ataupun gading. Ukuran sumpit haruslah sama panjang, lalu dibagian ujung dibuat agak runcing. Menggunakan sumpit membutuhkan ketekunan, untuk orang yang tidak terbiasa menggunakan alat makan ini memang akan mengalami kesulitan, namun itulah seninya. Maka dari itu sedari kecil masyarakat Tionghoa mengajarkan anak-anaknya untuk makan menggunakan sumpit, agar mereka terbiasa.

Saat ini sudah banyak orang non Tionghoa yang dapat menggunakan sumpit. Bahkan tukang mie ayam pinggir jalan pun rata-rata menggunakan sumpit sebagai alat makannya. Sayangnya, banyak yang tidak tahu sebenarnya makan dengan sumpit itu tidak boleh sembarangan. Bisa dibilang makan dengan sumpit juga ada mannernya jadi harus sopan. Berikut ini adalah tata cara makan dengan menggunakan sumpit:

  1. Ketika selesai makan, letakan sumpit di samping piring atau pada tempat tersedia, jangan pernah meletakan sumpit di atas meja, kecuali sumpit dalam keadaan terbungkus.
  2. Jika ingin saling berbagi makanan, sebaiknya jangan menerima makanan dengan sumpit. Terimalah makanan tersebut dengan mangkuk atau piring.
  3. Tidak boleh mengetuk atau memukul mangkuk nasi dengan sumpit. Hal ini dipandang seperti pengemis, karena pada jaman dulu hanya pengemis yang mengetuk-ngetuk mangkuk nasi dengan sumpit untuk meminta makanan pada orang lain.
  4. Tidak boleh mengulum sumpit di dalam mulut apalagi menghisap atau menggigitnya sampai mengeluarkan bunyi.
  5. Jangan menggunakan sumpit untuk menunjuk sesuatu atau seseorang karena dianggap kurang sopan.
  6. Pastikan sebelum makan sumpit dalam posisi yang sama karena tidak boleh makan dengan sumpit terbalik.
  7. Jangan menggunakan sumpit untuk memilih-milih makanan atau mengorek makanan yang tersaji, hal ini sama saja dengan menggali kuburan.
  8. Saat menggunakan sumpit, jangan jatuhkan makanan ke piring lain atau ke meja.
  9. Jangan menggunakan sumpit untuk memotong makanan Anda seperti menggunakan pisau atau garpu.
  10. Terakhir, jangan menancapkan sumpit diatas nasi seperti menancapkan dupa, karena ini dianggap menunjukan suasana berkabung. (Aspertina/TR)

Sekretariat Aspertina
EightyEight@Kasablanka Building Floor 32nd Unit A
Jl. Casablanca Raya Kav. 88
Jakarta 12870. INDONESIA

Phone :+62 21-29820200. Fax : +62 21-29820144

Copyrights © 2011-2016. Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia. All Rights Reserved.