Nasi Gandul

Nasi Gandul

Sumber gambar: bukanrastaman.com

Nasi Gandul adalah makanan khas daerah Pati – Jawa Tengah. Penyajian Nasi Gandul sangatlah unik, dengan  cara disajikan di atas piring yang telah dilapisi oleh daun pisang, kemudian diisi oleh nasi, baru setelah itu diberi kuah dan potongan daging sapi. Sebagai  tambahan lauk, Nasi Gandul umumnya dinikmati pula dengan tempe goreng, perkedel, telor bacem, daging sapi, dan jerohan sapi.

Pada awalnya penjual Nasi Gandul menjajakan dagangannya dengan cara digotong dengan pikulan, sehingga disebut Nasi Gandul yang artinya menggantung, karena pikulan naik-turun seiring dengan langkah si penjaja. Tetapi kini hampir tidak kita jumpai penjaja Nasi Gandul yang menjajakan berkeliling. Mereka lebih memilih berjualan dengan menetap dan membuka warung, namun demikian umumnya pikulan tersebut tetap digunakan.

Nasi Gandul adalah salah satu kuliner khas daerah Indonesia yang akan kita cicipi bersama dalam rangkaian perjalanan Semarang Lasem Heritage Tour 2016 yang diselenggarakan oleh ASPERTINA. 

Mari kita nikmati bersama kekayaan budaya Indonesia dalam ragam budaya kuliner, batik, bangunan dan sejarah dengan bersama-sama mengikuti tour ini. Untuk informasi dan pendaftaran, silakan klik link ini :  http://on.fb.me/22oG7Ft