Lontong Tuyuhan

Lontong Tuyuhan


Image Source: buzzerbeezz.com

Keragaman kekayaan kuliner bangsa Indonesia tak perlu diragukan lagi. Diantaranya adalah keragaman jenis lontong opor ayam telah ada bersama masyarakat Indonesia sejak lama. Setiap daerah menciptakan variasi rasa dan seleranya masing-masing, tak terkecuali Lontong Tuyuhan, lontong opor ayam yang menjadi kuliner khas Desa Tuyuhan – Rembang, Jawa Tengah.

Sajian Lontong Tuyuhan ini mirip dengan lontong opor ayam pada umumnya, yang berbeda adalah kuah santannya lebih kental dan pedas, menonjolkan perpaduan rasa kemiri dan cabe rawit. Konon, resep lontong ini diwariskan turun-temurun oleh para leluhur Desa Tuyuhan.

Kekhasan Lontong Tuyuhan dimulai dari bentuk lontongnya, yaitu berbungkus daun pisang dengan bentuk kerucut segitiga. Sedangkan cara memasaknya hampir sama dengan memasak opor ayam pada umumnya. Untuk mendapatkan kekhasan pada rasa, bumbu itu masih ditambah cabai merah yang ditumis sampai layu dan jahe.

Daging ayam kampong dimasak berbarengan dengan bumbu-bumbu, termasuk tambahan cabai merah yang ditumis sampai layu. Aroma kuah yang memadukan daun salam dan serai semakin menambah cita rasa lontong tuyuhan.

Tempat meracik lontong berbentuk angkringan pikul dari bambu dan rotan. Hal ini menambah kesan khas Lontong Tuyuhan.

Lontong Tuyuhan adalah salah satu kuliner khas Rembang yang akan kita nikmati bersama dalam “Semarang Lasem Heritage Tour 2016”. Mari bersama menikmati kekayaan budaya Indonesia.