Restoran Danau Toba

Feb 22, 2012

Hadirnya bakmie Pematangsiantar di kawasan kelapa gading, Jakarta Utara, tidak lepas dari keberadaan Restoran Danau Toba. Restoran ini hadir dengan menu khusus yang bercirikan masakan Pematangsiantar.

Susan Caw, pemilik Restoran Danau Toba, wanita dengan tiga putra ini adalah salah satu perantau asal kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Awalnya Susan menjual bakmie siantar di teras bagian depan rumahnya. Namun, berkat doa dan kerja kerasnya, dalam kurun waktu 6 tahun usahanya pun berkembang pesat.

Selanjutnya, demi memenuhi permintaan pelanggan, Susan pun memperbesar bangunan restorannya. Rumah yang tadinya hanya satu lantai, dirombaknya menjadi tiga lantai, dimana lantai satunya diperuntukkan bagi Restoran Danau Toba.

Menurut Susan, pada tahun 1984, bakmie danau toba sangat ramai dikunjungi pelanngan. Alasannya karena saat itu hanya dia saja yang menjual bakmie siantar.

Kepiawaian dalam meracik bumbu bakmie siantar diwarisi Susan dari kedua orang tuanya. Semasa masih tinggal di Pematangsiantar, Susan dan keluarganya sudah menjalankan usaha bakmie Siantar.

Mie keriting adalah ciri khas dari bakmie Pematangsiantar. Rasanya lebih lezat dan gurih. Bahan dasar mie yang dicampur dengan racikan bumbu bakmie ala Siantar menjadi kunci kelezatan bakmie di Restoran Danau Toba.

Bagi Restoran Danau Toba, bakmie Pematangsiantar merupakan menu andalannya. Tentu saja masih ada menu lain yang tak kalah lezat seperti lontong sayur, nasi sayur, bakso ikan, nasi uduk dan mie siram.

Sekretariat Aspertina
EightyEight@Kasablanka Building Floor 32nd Unit A
Jl. Casablanca Raya Kav. 88
Jakarta 12870. INDONESIA

Phone :+62 21-29820200. Fax : +62 21-29820144

Copyrights © 2011-2022. Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia. All Rights Reserved.