Artikel Lainnya

Rezeki Secerah Warna Jeruk

Apr 17, 2018

Selain karena rasanya yang enak, buah yang satu ini juga dipercaya oleh masyarakat Tionghoa dapat membawa keberuntungan. Jeruk adalah buah yang wajib ada dan bahkan menjelang Imlek para pedagang buah memenuhi etalasenya dengan buah berwarna oranye ini.

Kabarnya warna oranye cerah diartikan masyarakat Tionghoa identik dengan lambang emas yang berkonotasi dengan rejeki. Jeruk sendiri dalam bahasa Mandarin disebut ‘chi zhe’‘chi’ artinya rezeki dan ‘zhe’ berarti buah. Jadi jika digabungkan jeruk memiliki arti buah pembawa rezeki.

Masyarakat Tionghoa mempunyai tradisi meletakan jeruk mandarin bersama amplop merah yang ditempatkan di dekat bantal anak-anak dalam keluarga China, guna memberinya keberuntungan. Jeruk juga ditaruh dalam tempat penyimpanan beras untuk membawa berkah baik bagi keluarga itu.

Namun, tidak hanya jeruk, masyarakat Tionghoa juga menyukai buah pisang, delima, juga srikaya. Terutama buah-buahan yang mengandung banyak biji dengan bentuk bulat. Bentuk ini dipercaya melambangkan kebulatan dan keutuhan, seperti yang terlihat pada kue bulan atau mooncake. (Aspertina)

Sekretariat Aspertina
EightyEight@Kasablanka Building Floor 32nd Unit A
Jl. Casablanca Raya Kav. 88
Jakarta 12870. INDONESIA

Phone :+62 21-29820200. Fax : +62 21-29820144

Copyrights © 2011-2016. Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia. All Rights Reserved.